Adjunct Professor FST UNAIR Berikan Kuliah Tentang Pengembangan Bioproses

Rabu (17/7/2019), Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) mengadakan kuliah tamu untuk mahasiswa S2 Kimia dan S3 MIPA. Namun, karena antusiasme mahasiswa, kuliah tamu ini juga dihadiri oleh mahasiswa program studi lain. Kuliah tamu ini diisi oleh adjunct professor FST UNAIR, Prof. Seung Wook Kim dari Korea University dan bertema Development of Bioprocess Using Microalgal Biomass and Its Application.

Dalam kuliah ini, Prof. Kim menjelaskan tentang biomassa yang merupakan salah satu aspek fundamental untuk pengembangan industri bagi pengingkatan kualitas sektor perekonomian negara. Sebelum menuju pembahasan topik utama terkait bioproses, Prof. Kim memberikan pendahuluan secara mendalam mengenai konsep “research”. Hal ini tentu semakin meningkatkan pemahaman peserta yang aktivitasnya tidak terlepas dari penelitian.

Prof. Kim kemudian mulai memaparkan bioproses secara detail, mulai dari konsep dasar bioproses, jenis-jenisnya, hingga penerapannya dalam pembuatan produk dan teknologi di sektor industri. Hal tersebut disampaikan dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti, bahkan oleh mahasiswa jurusan lain.

Prof. Kim juga banyak memberikan contoh penerapan hal ini dan juga turut memberikan penjelasan hasil perkembangan biomassa di negaranya, Korea Selatan. Tak heran jika atmosfer Korea begitu lekat pada kuliah tamu kali ini.

Tak lupa, adjunct professor FST UNAIR ini juga mengaitkan materi ini dengan tantangan abad 21, yakni perkembangan revolusi industri 4.0, sekaligus memberikan rekomendasi dan motivasi bagi kami untuk mengaplikasikan teknik bioprocess dengan memanfaatkan hal-hal yang lekat dengan apa yang menjadi tren sekarang, seperti artificial intelligence, internet of things, dan big data.

“Meski tidak secara tidak langsung menekuni bidang kimia, menurut saya bioproses memiliki ketertarikan tersendiri untuk dikulik lebih dalam, mengingat Indonesia memiliki potensi biomassa yang begitu besar,” ucap salah satu peserta kuliah tamu.

Kuliah tamu ini diharapkan dapat semakin meneguhkan mahasiswa FST UNAIR sebagai agen perubahan untuk senantiasa memberikan inovasi yang bermanfaat bagi Indonesia dan dunia.

Penulis: Belindha Ayu Ardhani

Editor: Dida S. N. Hilman